Inti Masalah Ekonomi

Inti Masalah ekononomi adalah “TIDAK TERBATASANYA KEBUTUHAN MANUSIA  BERBANDING KETERBATASAN SUMBER DAYA/BARANG DAN JASA SEBAGAI ALAT PEMUAS KEBUTUHAN (KELANGKAAN)”

Kelangkaan sarana atau sumberdaya dikarenakan  oleh :
a. diperolehnya memerlukan pengorbanan ekonomis.
b. dihasilkan melalui proses produksi yang memerlukan waktu.
c. faktor produksi sebagai sumber daya ekonomi sangat terbatas keberadaannya.

1.       Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan ialah keinginan manusia terhadap benda atau jasa yang dapat memberikan kepuasan kepada manusia itu sendiri, baik kepuasan jasmani maupun kepuasan rohani.

2.       Jenis Kebutuhan

Kebutuhan dapat dibedakan menurut intensitas, sifat, waktu, dan subjek yang membutuhkannya.

a. Jenis Kebutuhan Beradasarkan Intensitas

Berdasarkan intensitasnya, kebutuhan dibedakan atas kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Dasar yang kita gunakan adalah peranan kebutuhan tersebut terhadap kalangsungan hidup manusia. Artinya jika suatu kebutuhan sangat erat kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia, maka kebutuhan tersebut adalah kebutuhan primer. Semakin jauh kaitannya dengan kelangsungan hidup manusia, maka tingkatannya menjadi kebutuhan sekunder atau tersier.

contoh kebutuhan berdasarkan intensitasnya

b.       Jenis Kebutuhan Berdasarkan Sifat

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan jasmani dan rohani. Dasar yang kita gunakan adalah dampak atau pengaruhnya kepada diri manusia yang terdiri dari jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani erat kaitannya dengan upaya manusia menutupi atau memperindah jasmani manusia. Kebutuhan tersebut antara lain yaitu makanan, pakaian, sepatu, dan lain-lain.

Kebutuhan rohani adalah berupa upaya manusia untuk memenuhi kepuasaan jiwa atau hati. Seseorang akan merasa tentram jika dapat bercerita lepas mengenai kesulitan-kesulitan hidup dengan orang yang dipercayainya. Kita merasa senang jika mendengar nyanyian, mendapat hiburan, dan lain-lain.

c.      Jenis Kebutuhan Berdasarkan Waktu

Berdasarkan waktu, kebutuhan dibedakan menjadi kebutuhan sekarang (saat ini) dan kebutuhan masa yang akan datang. Dikatakan kebutuhan sekarang karena memang dibutuhkan saat itu juga, sementara kebutuhan yang akan datang bisa dipastikan dibutuhkan pada masa yang akan datang. Berdasarkan uraian tersebut, dasar yang kita gunakan untuk membedakan suatu kebutuhan berdasarkan waktu alah waktu pemenuhannya.

Kebutuhan yang akan datang bisa dipersiapkan. Artinya jika kita mengetahui kebutuhan dalam jangka waktu tertentu, maka kita bisa mempersiapkannya sesegera mungkin. Bagi ibu yang sedang mengandung, dapat mempersiapkan segala kebutuhan bayi. Bagi pegawai yang akan pensiun dapat mempersiapkan dana pensiun.

c.       Jenis Kebutuhan Berdasarkan Subjek

Berdasarkan subjeknya, kebutuhan dapat dibedakan menjadi kebutuhan pribadi atau individu dan kebutuhan kolektif (masyarakat). Dasar pembagiannya adalah siapa yang membutuhkan kebututhan tertentu, apakah diri pribadi atau masyarakat.

Kebutuhan pribadi, seperti  sepatu, mobil pribadi, pakaian, dibutuhkan diri pribadi siapa saja dan diputuskan pemenuhannya oleh diri pribadi. Sementara kebutuhan kolektif seperti ketentraman dan kedamaian, jalan raya, serta sarana dan fasilitas pendidikan yang memang dibutuhkan oleh masyarakat dan masyarakat berupaya memenuhinya baik dengan swadaya maupun dengan bantuan pemerintah setempat.

BARANG DAN JASA

A.  Pengertian Barang dan Jasa

Barang dan jasa adalah barang berwujud dan tidak berwujud yang diproduksi dan dibeli dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
 
A. Menurut cara memperolehnya, barang dapat dikelompokan menjadi:
  • Barang bebas, yakni barang yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Misal, cahaya matahari dan udara.
  • Barang ekonomi, yakni barang yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Misal, makanan dan minuman yang mana diperlukan uang untuk membelinya.

B.

Menurut kegunaannya, barang dikelompokkan menjadi:

  • Barang produksi, yakni barang yang digunakan untuk proses produksi lebih lanjut. Misal, kain yang akan digunakan untuk dijahit menjadi pakaian.
  • Barang konsumsi, yakni barang yang dapat langsung digunakan dan dikonsumsioleh seseorang. Misal, Pakaian yang bisa langsung digunakan.

C. Menurut proses pembuatannya, barang dikelompokan menjadi:

  • Barang mentah, yakni barang yang belum mengalami proses produksi. Misal, kapas, kayu, rotan, padi, tembakau, kulit.
  • Barang setengah jadi, yakni barang yang sudah melalui proses produksi akan tetapi belum siap pakai. Misal, benang yang dibuat dari kapas untuk dibuat menjadi kain.
  • Barang jadi, yakni barang yang sudah melalui proses produksi dan siap pakai untuk memenuhi kebutuhan. Misal, sepatu, pakaian, roti dan sebagainya.

D. Menurut hubungannya, barang dibagi menjadi:

  • Barang Substitusi, yakni barang yang dapat mengganti fungsi barang yang lain. Contohnya: lampu neon yang dapat menggantikan fungsi dari lampu pijar sebagai penerangan.
  • Barang komplementer, yakni barang yang dapat melengkapi fungsi dari barang lainnya. Contohnya: Bensin yang dapat melengkapi mobil sebagai alat transportasi, tanpa bensin mobil tidak bisa dijalankan.
 

3 thoughts on “Inti Masalah Ekonomi

  1. Jadi, inti masalah ekonomi adalah semua masalah yang berhubungan dengan kebutuhan hidup manusia. Baik kebutuhan untuk diri sendiri maupun masyarakat sekitar.

  2. Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi, dan manusia juga ingin memenuhi kebutuhan nya jumlah kebutuhan manusia itu sendiri tidak terbatas namun alat pemuas kebutuhan manusia itu sendiri yg terbatas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s